-->

HATI-HATI, PENIPUAN MELALUI SMS DAN WA KEMBALI MARAK


Beberapa hari ini, dunia maya marak dengan sebuah pesan yang berisi kemungkinan upaya penipuan melalui SMS dan aplikasi chatting. Pesan yang menyebar melalui group WhatsApp dan Facebook ini menampilkan percakapan seorang ibu calon korban dengan orang yang tidak dikenal yang diduga hendak menipu. 

Melalui chatting, orang tersebut menyuruh calon korban untuk membuka SMS dari nomor tertentu yang berisi rangkaian kode rahasia. Setelah dibuka, ia kemudian menyuruh calon korban untuk memforward kode yang ada di SMS tadi ke nomornya dengan alasan ia membutuhkan kode tersebut dan SMS yang diterima oleh calon korban sebenarnya  akibat salah kirim dari pihak operator. 

Calon korban yang kebetulan yang curiga kemudian menghubungi call center operator selulernya dan mendapat pemberitahuan bahwa apa yang ia alami merupakan modus penipuan yang sering digunakan untuk belanja online. Penipu akan memasukkan nomor telepon secara acak untuk pendebetan kemudian situs belanja yang ia sasar akan mengirimkan SMS berisi kode rahasia yang harus diisikan kembali untuk verifikasi. Karena itu, ia harus menghubungi nomor yang tadi dikirimi SMS supaya penipu bisa mendapatkan kode verifikasi.

Tentu saja upaya penipuan seperti ini membuat resah masyarakat. Operator pun tampaknya mulai mengambil sikap denganmemberi himbauan kepada masyarakat. Salah satunya adalah XL.

Tri Wahyuningsih Harlianti, GM Corporate Communicationsnya XL yang biasa disapa dengan Ayu menyampaikan bahwa pihaknya mengupayakan langkah-langkah preventif berupa himbauan agar pelanggan waspada terhadap modus aksi penipuan yang terjadi.

0 Response to "HATI-HATI, PENIPUAN MELALUI SMS DAN WA KEMBALI MARAK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel