-->

Cara mengatasi kode error yang terjadi di Play Store


Cara mengatasi kode error yang terjadi di Play Store – Google Play Store merupakan toko aplikasi resmi Android yang menyediakan beragam aplikasi. Namun ketika menginstal atau update aplikasi, kadang muncul kode error yang menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres. Untuk itu berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kode error pada Play Store.



Error Code 101
Jika kode error ini muncul, ini artinya aplikasi yang diinstal pada smartphone Android terlalu banyak. Alhasil Play Store pun tidak mampu menginstal aplikasi lagi ketika Anda berniat mendownload aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, uninstall aplikasi – aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Error Code 110

Kode error ini berarti aplikasi dari Play Store tidak dapat diinstal lagi. Cara mengatasinya, masuk ke menu Apps kemudian pilih All selanjutnya pilih Google Play Store. Pilih menu clear cache. Jika Anda sudah mencoba cara di atas dan masalah belum dapat diselesaikan, maka cara alternatifnya adalah mendownload aplikasi tersebut menggunakan PC dari website Play Store atau mendownload versi APK.

 

Error Code 194

Masalah di Play Store dengan kode error 194 memiliki penyebab yang sama yaitu aplikasi yang diinstal di smartphone terlalu banyak. Cara mengatasinya, bersihkan cache dengan cara clear cache pada aplikasi Playstore, Jika kode error tersebut masih muncul, update aplikasi – aplikasi di Play Store ke versi yang terbaru.

 

Error Code 403

Jika Anda menginstal aplikasi dan muncul kode ini, berarti aplikasi yang diinstal tersebut proses downloadnya belum selesai. Cara mengatasinya, Anda dapat membersihkan cache di Play Store dan manajemen pengunduhan pada menu pengaturan.

 

Error Code  412

Kode error ini muncul karena APN dan Proxy yang Anda gunakan tidak sesuai dengan bawaan. Coba ingat kembali apakah Anda merasa pernah menggantinya dengan APN lain.Untuk cara mengatasinya, bersihkan cache di Google Play Store melalui menu Clear Cache. Setelah itu, kembalikan pengaturan APN dan Proxy di smartphone Android ke pengaturan awal. Atau masuk ke menu Settings kemudian pilih Mobile Network klik APN. Ubah pengaturan Proxy ke posisi nonaktif kemudian pilih Save. Restart smartphone Anda.

 

Error Code 481

Masalah ini disebabkan karena akun Gmail belum terkonfirmasi. Cara mengatasinya, sign out dari akun Play Store saat ini dan gunakan akun Gmail yang baru. Jika belum punya, Anda dapat membuat Gmail terlebih dulu.

 

Error Code 491

Masalah ini berarti Anda tidak dapat mendownload maupun mengupdate aplikasi dari Play Store. Cara mengatasinya, sign out dari akun Gmail yang digunakan pada Android tersebut dan masuklah dengan akun baru. Selain itu Cache dari akun sebelumnya juga dibersihkan dengan cara masuk ke Settings > Apps > All > Google Services > Clear Cache.

 

Error Code 492

Masalah ini disebabkan oleh Dalvick Cache dan membuat Anda tidak dapat menginstal aplikasi dari Play Store. Cara mengatasinya, Anda harus melakukan root pada smartphone dan masuk ke Custom Recovery Mode. Cara lainnya, lakukan factory reset untuk membersihkan semua data yang tersimpan di smartphone tersebut.

 

Error Code 495

Masalah ini membuat Anda tidak dapat mengunduh maupun update aplikasi melalui Google Play. Untuk mengatasinya, bersihkan data di Play Store melalui Clear Cache.

 

Error Code 498

Hampir sama dengan kode error 495 tetapi pada kode error ini disebabkan karena jumlah sampah yang terlalu banyak di aplikasi – aplikasi yang terinstal. Untuk membersihkannya, gunakan aplikasi CCleaner atau menghapusnya melalui manajemen aplikasi yang terdapat pada smartphone.

 

Error Code 504

Ketika kode error ini muncul, Anda tidak dapat mengunduh aplikasi di Play Store. Untuk mengatasinya, bersihkan file cache di Playstore. Caranya masuk ke menu Pengaturan atau Settings > Apps > All kemudian Clear Cache.

 

Error Code 505

Kode ini muncul ketika ada dua aplikasi yang memiliki perijinan hampir sama sehingga menyebabkan Play Store mengalami masalah saat mengunduh dan memperbarui aplikasi. Cara mengatasinya, bersihkan cache di Play Store, browser Google Chrome, dan Google Services Framework.

 

Demikian cara mengatasi kesalahan kode error yang terjadi di Play Store. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Baca juga : cara bbm tanpa kuota di android

0 Response to "Cara mengatasi kode error yang terjadi di Play Store"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel